Moe In-Focus: Tsundere


Pembaca pasti mengenal moe kan? Untuk mengetahui jenis-jenisnya secara umum, coba lihat di post saya yang ini. Nah, sekarang saya akan mencoba mengupas lebih dalam tentang tipe “Tsundere“.

Tohsaka Rin

Tohsaka Rin

TSUNDERE berasal dari 2 kata yaitu: “tsuntsun” yang berarti dingin atau jutek dan “deredere” yang berarti manis, imut, dan manja. Karakter tsundere pada awalnya bersikap sangat dingin pada karakter utama, namun dengan seiring waktu, dia malah memperlihatkan sifat manis. Tsundere adalah salah satu dari sekian banyak jenis moe yang berkembang sekarang, dan penggemar tsundere sangat banyak, terutama di kalangan otaku. Awalnya, kata ini berkembang dari game “Kimi ga Nozomu Eien”.

Shana

Shana

Salah satu tsundere terkenal adalah Shana dari anime “Shakugan no Shana“. Shana digambarkan sebagai seorang cewek yang awalnya tidak terlalu peduli pada karakter utama, Sakai Yuji. Namun, seiring waktu, Shana malah jadi menyukai Yuji dan menunjukkan sifat manisnya. Shana merupakan gabungan sifat dari Tsundere dan Kuudere.

Sanzenin Nagi

Sanzenin Nagi (Hayate the Combat Butler)

Nagi adalah seorang tsundere dari “Hayate the Combat Butler”. Di sini, kita bisa melihat penggabungan sifat seorang “Tsundere” dengan sifat “Princess” alias “Ojousama”. Nagi digambarkan keras kepala dan tidak mau kalah. Namun, di balik sikapnya itu, dirinya sebenarnya sangat rapuh dan manja, karena dia berasal dari kalangan elite.

Perkembangan tsundere sangat fenomenal, terlihat dari berdirinya sebuah tsundere cafe di Akihabara, Jepang, yang menawarkan pelayan yang memiliki sifat tsundere bagi para tamunya. Para otaku juga kebanyakan menyukai Tsundere karena sifat mereka dan sikap yang susah ditebak. Tsundere role-play juga sudah mulai populer di beberapa maid cafe di Jepang.

kugimiya rie

Kugimiya Rie

Seiyuu atau pengisi suara yang ahli dalam memerankan tsundere salah seorangnya adalah Kugimiya Rie. Beberapa tsundere yang seiyuu-nya adalah Kugimiya Rie antara lain:

  • Sanzenin Nagi (Hayate the Combat Butler)
  • Shana (Shakugan no Shana)
  • Aisaka Taiga (ToraDora!)
  • Louise Valliere (Zero no Tsukaima)

Karena Kugimiya yang menjadi seiyuu, para karakter tsundere tersebut terkadang juga dikenal sebagai “Kugi-tsun” karena mereka adalah tsundere yang diperankan oleh Kugimiya Rie.

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Oktober 18, 2010, in Anime and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: