Tips Menghadapi Musim Ulangan



Menghadapi musim ulangan, pasti kebanyakan siswa langsung stress dan horor. Cara paling konvensional yang digunakan untuk menghadapi ulangan adalah SKS alias Sistem Kebut Semalam. Cara ini jelas hanya efektif sesaat, dimana ilmu yang dipelajari akan keluar pas ulangan, tapi tidak diingat selamanya.
Berikut ada beberapa tips untuk menghadapi musim ulangan dan cara untuk melewatinya dengan gemilang.

  1. Pertahankan fisik!
    Menjelang musim ulangan, ketahanan fisik tidak boleh kendur. Karenanya, usahakan agar kamu tidak sakit, karena kalau kamu sakit, maka kamu tidak akan bisa berpikir dengan jernih (atau malah ngga masuk sekolah) pada saat mengerjakan tes. Jangan terlalu sering begadang, karena menyebabkan tubuh melemah. Juga dapat menyebabkan berkurangnya daya fungsi otak.
  2. Ringkas materi dan pelajari
    Untuk ulangan yang mencakup banyak materi, biasanya soal-soalnya meliputi kemampuan dasar dari semua materi itu. jadi, dengan mempunyai sebuah ringkasan akan membantu kalian belajar dan mengingat poin-poin penting (asal jangan dipakai contekan). Malas menulis? Kalian bisa beli buku-buku rumus di toko buku, namun jauh lebih baik apabila membuatnya sendiri karena akan lebih lama ingat rumusnya.
    Cara lain yang mungkin efektif adalah dengan menulis poin-poin materi pada lembaran kertas kecil yang bisa dibawa-bawa. Dengan begitu, pada saat senggang, kamu bisa membukanya dan mempelajarinya (jangan dipakai buat contekan!)
  3. Jauhkan diri dari games, TV, dan pengganggu
    Ada baiknya bila pada musim ulangan kamu meletakkan atau mengunci PlayStation di lemari agar tidak tergoda untuk main. Buat perjanjian dengan diri, pada saat selesai ulangan, maka barulah saya akan main sampai mata saya kering. Jadi ada semacam motivasi buat belajar.
  4. Ketahui cara menjawab soal
    Biasanya ada dua jenis soal dalam ulangan yaitu pilihan ganda dan essay.
    Untuk soal pilihan ganda, fokuslah pada fakta. Juga jangan terlalu sering mengganti jawaban, karena biasanya, jawaban pertama yang dipilih adalah yang terbaik. Juga jangan asal menebak jawaban. Jika tidak bisa memilih, lakukan eliminasi terhadap pilihan yang sudah tidak mungkin benar. Dari sana, kemungkinan kamu benar akan meningkat. Apabila ada sistem penalti, JANGAN PERNAH MENEBAK JAWABAN.
    Untuk soal essay, fokuslah pada pemahaman. Jangan membuat uraian singkat menjadi curhat. Susun sebuah kerangka jawaban dalam kepala untuk menghindari penambahan hal-hal yang menyimpang dari topik. Juga jangan terburu-buru menulis supaya tidak terlalu sering mengkoreksi.
  5. Lakukan yang terbaik dibantu doa
    Percayalah pada diri kalau kamu sudah melakukan yang terbaik, dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan, siapa tahu kemujuran bisa mendatangi dirimu.

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on November 17, 2010, in Tips dan Trik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. no facebook, no online, no game..
    makasih infonya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: