Cara Menghilangkan Stress


Setiap orang pasti pernah stress. Pada dasarnya, terdapat 2 jenis stress, yaitu stress positif dan stress negatif. Stress positif disebut juga sebagai motivasi. Kita perlu stress dalam jumlah sedikit untuk memacu kita melakukan sesuatu, tapi terlalu banyak stress justru membuat diri kita sakit. Saya ingin berbagi dengan pembaca cara menghilangkan stress.

  1. Istirahat sejenak
    Beban pekerjaan, tugas kuliah, tugas sekolah yang menumpuk memang sangat bikin stress, mana semua musti dikerjain. Nah, sebelum atau saat mengerjakan semuanya, ada baiknya semua dilupakan saja sesaat. Tinggalkan meja kerjamu sebentar dan lihatlah keluar, hirup udara segar, atau gerakkan otot yang kaku. Lakukan sejenak saja (jangan sampai melupakan pekerjaan), pasti anda akan merasa lebih segar.
    Otak manusia mempunyai rentang waktu konsentrasi (attention span) yang berbeda-beda pada setiap orang, namun pada manusia normal umumnya berkisar antara 5-15 menit (lebih singkat lagi jika anda melakukan pekerjaan yang membosankan). Setelah rentang waktu tersebut, otak anda akan “bosan” dan mencoba mencari hal lain yang lebih menyenangkan.
  2. Nikmati waktu senggang
    Saat libur atau waktu senggang, jangan memikirkan tugas atau beban. Nikmati waktu senggang dengan sebaik-baiknya untuk melakukan apa yang anda inginkan. Soal tugas dan pekerjaan, pikirkan belakangan saja, bisa dikerjakan saat pulang main.
    Dengan memberikan otak dan badan kesempatan untuk “melepaskan” diri, terutama jika anda melakukan olahraga, maka anda me-refresh diri anda sendiri, karena pada saat anda bergerak meski hanya jalan-jalan, tubuh anda mengeluarkan endorphine, alias hormon kesenangan.
  3. Konsultasi
    Terkadang anda dihinggapi rasa stress yang sangat berat, maka jalan terbaik adalah dengan membicarakannya dengan teman, kerabat, atau psikolog (jika stress anda cukup parah). Dengan membicarakannya, anda sedang mengurangi beban sendiri (dan mungkin yang diajak bicara mau ikut membantu anda meringankan pekerjaan).

Selain cara-cara di atas, ada sebuah cara yang tidak saya sarankan, karena sudah pernah saya coba dan hasilnya tidak terlalu bagus (tapi ini hanya opini saja):

  • Bermain game online
    Dengan bermain game online, mungkin anda merasa stress akan hilang, namun tidak selamanya begitu. Kemenangan dalam game adalah sebuah candu, menyebabkan anda berada di depan komputer terus dan melupakan pekerjaan anda. Selain itu, saat nasib anda tidak beruntung, malah stressnya bisa nambah.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Iklan

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Desember 14, 2010, in Tips dan Trik and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: