Tips Belajar yang Baik


Banyak siswa mengeluh mereka tidak bisa menyerap materi dengan baik di sekolah. Alasannya beragam mulai dari “materinya susah”, “gurunya ngga bisa jelasin”, dan sebagainya. Padahal, sebenarnya ada banyak cara belajar yang menyenangkan dan efektif. Mau tahu?

  • Untuk materi hafalan, membuat ringkasan materi cukup efektif. Tapi jangan batasi diri dengan menulis saja. Tuangkan kreativitasmu dan gunakan otak kananmu untuk menghafalkan materi, karena jangka memori otak kanan lebih panjang daripada otak kiri. Isilah ringkasan materimu dengan gambar-gambar yang dapat mempermudah dirimu mengingat materi. Bagi yang tidak bisa menggambar, saat menulis gunakan berbagai macam warna. Dengan begitu, otak kananmu bekerja dan biasanya materi lebih melekat, karena manusia cenderung mengingat warna-warna yang mencolok.
  • Masih untuk materi hafalan, jika materi yang dihafal cukup banyak, misalnya pelajaran Sejarah, pecah materi menjadi subbab kecil dan tuliskan pada kertas-kertas kecil (jangan dipakai kerpekan). Bawalah kertas-kertas itu kemana-mana. Saat ada waktu kosong, baca kartu-kartu itu. Selain cara itu, bisa juga kamu menciptakan “rumus praktis” buatan sendiri. Misalnya saat mengingat lokasi terjadinya reaksi terang fotosintesis dan siklus Calvin bisa digunakan kalimat singkat “Terang-terangan lempar granat” yang artinya “reaksi terang terjadi di grana”.
  • Internet sangat membantu. Coba buka-buka internet, biasanya kamu akan menemukan aplikasi dari teori yang kamu pelajari di sekolah. Dengan begitu, kamu akan mempunyai gambaran kuat tentang materi. Misalnya kamu belajar tentang teori pembangkit listrik tenaga nuklir. Buka internet, kamu akan menemukan banyak materi, bahkan animasi Flash, yang dapat membuatmu lebih mengerti.
  • Untuk pelajaran hitungan, practice makes perfect. Rutinlah mengerjakan soal-soal latihan untuk mengembangkan logika berpikir dan penalaran.
  • Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat.

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Desember 14, 2010, in Tips dan Trik and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Thx ya ini membantu banget :3 :3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: