5 Jenis Fobia Aneh


Fobia adalah rasa takut berlebihan yang tidak wajar terhadap sebuah objek atau fenomena biasa. Fobia terkadang bisa membuat seseorang menjadi gila dan menghambat kehidupannya. Ada banyak jenis fobia di dunia ini, namun ini ada 5 jenis yang saya anggap “aneh”.

  1. Triskaidekaphobia: Takut dengan angka 13
    Orang yang menderita trikaisdekaphobia memiliki rasa ketakutan yang tidak wajar dengan angka 13. Apabila ia melihat angka itu, maka mungkin penderita akan lari ketakutan. Angka 13 sering diasosiasikan dengan kesialan, seperti Friday the 13th, dan penderita trikaisdekaphobia takut dengan kesialan yang terkait dengan angka 13. Itulah sebabnya terkadang di hotel, tidak ada kamar dengan nomor 13, tetapi diganti dengan 12A.
  2. Nomophobia: Takut kehilangan kontak di HP
    Phobia ini merupakan phobia modern yang muncul seiring perkembangan teknologi HP. Menurut Daily Mail, phobia ini menjangkiti sekitar 53% pengguna HP di Inggris. Penderita biasanya panik pada saat data kontak mereka hilang, tidak ada sinyal, atau saat baterai HP habis.
  3. Sesquipedalophobia: Takut kata-kata panjang
    Penderita fobia ini tidak merasa nyaman apabila harus menulis atau mengucapkan kata-kata yang panjang. Akan lebih parah lagi bila nama mereka sendiri cukup panjang. Mereka juga akan fobia terhadap nama fobia ini.
  4. Arachibutyrophobia: Takut selai kacang menempel di langit-langit mulut
    Saat anda makan selai kacang tanpa roti, kadang-kadang selai itu menempel di langit-langit mulut dan susah dilepaskan.
    Alergi terhadap kacang mulai menjadi masalah serius tahun-tahun belakangan, sampai-sampai produsen makanan di Amerika diwajibkan mencantumkan peringatan “produk ini mengandung unsur kacang-kacangan” pada bungkus makanan mereka. Alergi itu diduga menjadi penyebab fobia ini.
  5. Basophobia: Takut berjalan
    Penderita basophobia sangat takut berjalan karena takut bakal terjadi sesuatu yang buruk pada diri mereka seperti terjungkal atau terjatuh. Diduga dapat berasal dari pengalaman buruk masa kecil, saat anda dijegal oleh teman anda dan anda jatuh dengan sangat keras.

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Desember 15, 2010, in Sains and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: