Menjadi Pendengar yang Baik……. dan Rahasia



Sejak matrikulasi mulai, aku tidak punya banyak waktu buat blogging, jadi mungkin hanya bisa update blog sat hari Sabtu dan Minggu saja.
Tinggal di asrama memang tidak buruk. Selain belajar mandiri, bisa ketemu banyak teman dari berbagai tempat dan latar belakang. Nah, tempat paling enak di asramaku adalah saung alias bangunan semacam gazebo yang terletak di halaman asrama. Kenapa aku bilang enak, padahal daerah Cikarang panasnya minta ampun meskipun malam hari?

Sekedar berada di saung, terutama saat sedang ramai, sangat bermanfaat. Kenapa? Karena saung adalah sumber informasi yang sangat bagus, sama bagusnya dengan sebuah tavern pada abad pertengahan atau sebuah bar modern di tengah kota. Saung adalah tempat bagus untuk sekedar mencuri dengar sambil ngenet cepat dengan modem (wi-fi sini tidak terlau bagus). Jadi, hati-hatilah berbicara di saung, karena bisa jadi ada mata-mata di dekatmu.

Nah, karena aku tidak peduli dengan orang-orang yang berbicara keras-keras di tempat umum dengan tema-temannya, aku berbagi tips agar bisa menjadi spy efektif di saung atau tempat umum dimana orang-orang suka bicara dengan keras.

Low profile. Ini hal mendasar dalam mencuri dengar. Jangan terlalu mencolok. Cobalah berbaur dengan lingkungan sekitar tanpa menarik banyak perhatian. Jadi, pakaian yang kamu gunakan sangat penting. Pakailah baju yang sewajarnya saja, agar tidak menarik banyak perhatian. Kalau kamu pakai baju cosplay di tempat ramai, justru kamu yang akan jadi pusat perhatian.

Peralatan pendukung. Bukan peralatan canggih yang dibawa mata-mata, cukup smartphone atau laptop saja. Koran juga boleh. Jadinya kamu terlihat sibuk padahal sebenarnya sedang mendengar pembicaraan mereka. Ingat fokus pada pembicaraan, bukan koranmu!

Batasi waktu. Kalau kamu diam lama-lama di tempat umum sambil membaca koran yang sama selama 3 jam lebih, orang-orang akan mulai curiga. Jadi, ingat waktu saat mencuri dengar di tempat umum.

Begitulah tips-tips tidak penting dari seseorang yang mau mencari informasi tanpa mau repot. Dan jaga bicaramu di tempat umum, siapa tahu ada mata-mata lagi…..

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Agustus 23, 2011, in Indonesia, Tips dan Trik and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Ok nih, Bro ..

    Salam kenal yaa ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: