Orientasi di President University – Part 3 (end)


sambungan dari Orientasi di President University – Part 2

Hari 5-6: Final Days

Hari ini, 8 September 2011, adalah hari paling mencurigakan karena beredar informasi tentang suatu acara rahasia yang akan diadakan malam nanti. Acara paginya sama seperti biasa. Menurut buku panduan, kegiatan hari ini adalah kegiatan social seperti menanam pohon dan membantu rakyat serta mendaur ulang sampah menjadi benda berguna. Grup dibagi 3 untuk masing-masing kegiatan, dan aku mendapatkan bagian menanam pohon. Jadi, aku digiring ke auditorium untuk mendengarkan kata-kata dari pejabat kota. Aku jadi merasa acara ini adalah acara yang didalangi pejabat sampai-sampai ada live music. Setelah pidato yang membosankan, akhirnya acara yang sebenarnya dimulai. Jadi, aku digiring ke belakang kampus, di mana pohon sudah siap, lubang sudah digali, tinggal memasukkan kompos dan pohonnya lalu menutup lubang. Gampang.
Setelah menanam pohon, aku dibawa ke kelas untuk pembagian jadwal kuliah. Nah, saat inilah jadwal mulai kacau. Lalu, aku disuruh ke auditorium lagi untuk mendengarkan kata-kata sambutan dari rektor. Yah, mau tidak mau aku harus mendengarkan.

Setelah itu selesai, aku digiring lagi ke Student Housing dan berkumpul dengan grupku untuk latihan sebelum audisi Cultural Night. Cultural Night adalah malam penutupan orientasi dan 6 dari 40 grup bisa tampil di panggung Cultural Night. Kami berlatih dengan berharap agar tidak lolos audisi karena itu berarti hari esoknya kami bisa tidur sambil menunggu waktu Cultural Night.
Setelah makan malam, kami mengikuti audisi. Setelahnya kami dibiarkan bebas sambil menunggu keputusan juri. Nah, di saat ini, para supervisor mulai terlihat aneh. Mereka terlihat seperti mempersiapkan sesuatu. Jadi, aku mulai curiga.
Saat 22.30 WIB, kami dikumpulkan untuk briefing dan pengumuman keputusan juri. Untunglah kelompokku tidak lolos, jadi besok kami bisa tidur.
Setelah pengumuman, ternyata ada acara rahasia yaitu Journey of Value. Nama sih boleh keren, tapi esensinya adalah: sekaranglah waktu OSPEK yang sebenarnya. Kami diharuskan mencari pos-pos yang tersebar di daerah sekitar universitas. Kami dibekali 2 senter, 2 botol minum, beberapa snack, dan 3 kartu nyawa yang tidak boleh hilang. Yang lebih sinting lagi, acaranya dari 00.00 WIB – 06.00 WIB.
Sepanjang perjalanan, tidak hanya terdapat 3 pos saja, melainkan banyak pos peralihan yang kami anggap pos sebenarnya. Benar-benar mengesalkan. Saat inilah kami digojlok dengan request-request aneh dan amarah. Bayangkan, dari tengah malam hingga pagi kami harus keliling mencari pos sambil menahan ngantuk dan dinginnya malam. Kami melewati lapangan dan sawah-sawah dan ketika sampai di pos, kami dihadapkan dengan banyak tipu muslihat. Semua pos memiliki sebuah nilai yang diajarkan pada kita, seperti kemampuan negosiasi dan ketahanan mental menerima amukan.
Semuanya begitu menyebalkan, apalagi saat berkumpul di lapangan utama. Di sana, kami semua saling bertahan dari terpaan badai amarah senior yang terus datang. Kami saling support sambil berharap ini semua akan selesai. Saat matahari terbit dan waktu menunjukkan 07.00 WIB, akhirnya semuanya selesai dengan gelak tawa. Berakhirlah orientasi. Tempat tidur yang nyaman, aku datang. Aku tidur sampai 15.00 WIB.
Setelahnya adalah acara Cultural Night. Malam itu benar-benar membebaskan. Terdapat musik, hiburan, candaan, pokoknya benar-benar bersenang-senang seperti area dugem. Kekurangannya hanya satu, makanan yang kurang meskipun model prasmanan. Bayangkan saja, masak satu orang hanya boleh mengambil 1 ayam atau bakwan? Lebih baik aku terima nasi box daripada prasmanan begini!
Setelah Cultural Night, orientasi 2011 benar-benar selesai. Selamat tinggal sirene, berbaris, kegiatan-kegiatan melelahkan! Tapi setelahnya, sudah harus masuk kuliah….

Baca juga:

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on September 11, 2011, in Diary, Indonesia, Tulisan Kecil and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. hey boleh tanya ga ka? saya baru keterima scholar di pres univ jurusan international relation, boleh bagi infonya ga ka?

    • wah kebetulan saya juga jurusan int’l relation nih. kalo mau tanya info, silakan di-add FB saya (klik tombol FB di pojok kanan atas) tapi sebelumny tolong kirim message dulu soalnya saya ga suka add orang sembarangan. terima kasih🙂

  1. Ping-balik: Orientasi di President University – Part 2 « PersonaLity

  2. Ping-balik: Orientasi di President University – Part 1 « PersonaLity

Tinggalkan Balasan

