First Glance: Persona 4 The Animation [Fall 2011]



Mungkin inilah anime yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar Persona, apalagi bagi yang sudah memainkan gamenya. Gencarnya promosi melalui internet juga semakin menambah antusiasme penontonnya.
Persona 4 mengambil setting di kota kecil membosankan bernama Inaba. Belakangan, sering terjadi pembunuhan terutama saat hari berkabut. Ada sebuah legenda tentang “Mayonaka Terebi” (Midnight Channel), yang hanya tayang saat hari hujan jam 12 malam. Rumornya, kamu bisa melihat soulmate-mu di televisi.

Datanglah si protagonist, Yu Narukami, ke Inaba untuk tinggal bersama pamannya, Dojima Ryotarou, gara-gara orang tuanya sedang berpergian ke luar negeri. Jadinya, Narukami harus tinggal selama 1 tahun di kota kecil yang tidak memiliki apa-apa.

Di sekolah, Narukami bertemu dengan Chie Satonaka, Yosuke Hanamura, dan Yukiko Amagi. Mereka membicarakan tentang Mayonaka Terebi, dan di sini ada salah satu scene lucu dimana Yosuke dihajar oleh Chie gara-gara merusak DVD milik Chie. Penasaran, Narukami mencoba memandangi layar TV pada jam 12 malam. Ia melihat sosok wanita. Saat mencoba menyentuh layar TV, tangan Narukami ternyata bisa masuk ke dalam layar TV.


Esoknya, Narukami membicarakan hal yang dialaminya dengan Chie dan Yosuke, dan tentu saja mereka tidak percaya. Akhirnya, mereka pergi ke department store, Junes, untuk mencari TV dengan layar yang lebih besar. Chie dan Yosuke akhirnya terseret masuk ke dunia TV.

Dalam kebingungan, mereka bertemu dengan Kuma, yang mengaku sebagai penghuni dunia TV. Menurutnya, banyak orang yang sudah masuk ke dalam dunia ini. Mereka akhirnya menemukan sebuah kamar yang di dalamny terdapat sebuah tali yang tergantung, sebuah kursi, dan poster-poster di dinding yang sudah dirobek-robek. Sialnya, mereka diserang oleh Shadow. Saat terdesak, bangkitlah kekuatan Narukami bernama Persona, dalam wujud Izanagi. Narukami berhasil membasmi Shadow dan menyelamatkan Chie dan Yosuke.

Mereka menyimpulkan bahwa dunia Mayonaka Terebi mungkin memiliki hubungan dengan pembunuhan yang terjadi di Inaba. Mereka memutuskan untuk menyelidiki dan berusaha mencari pelakunya.

Animenya memang hampir sama persis seperi gamenya, baik dari character design maupun storylinenya. Mungkin ATLUS memang menginginkan sebuah adaptasi langsung.
Storyline animenya sama dengan gamenya, tapi bukan berarti sama kualitasnya. Kebanyakan scene dan dialog dalam animenya terkesan diburu-buru dan dangkal. Bukan seperti gamenya yang kaya dialog dan informasi. Scene yang diambil untuk animenya juga kebanyakan scene yang tidak terlalu penting. Persona 4 memiliki storyline yang sangat bagus, tapi animenya, kita lihat saja nanti.


Masalah animasi, karakternya terkesan kaku, apalagi Narukami. Memang sih, battle scene yang pertama itu lumayan bagus, tapi sisanya… mungkin karakternya robot kali ya? Ada beberapa scene yang malah terkesan aneh.
Untuk music, inilah yang menjadi andalah P4 Animation. Bagi yang pernah memainkan gamenya, pasti senang karena background musicnya SAMA PERSIS seperti yang digunakan dalam gamenya. Terutama saat battle, wah, I’ll Face Myself langsung diputar.

Persona 4 memiliki banyak karakter, dan banyak hubungan antar karakter. Mungkin karena protagonist selalu diam di gamenya, dalam animenya, Narukami benar-benar datar. Maksudku, dia hanya ngomong sekali-sekali dan itupun singkat-singkat.

Animenya mungkin banyak memiliki kelemahan, tapi mungkin bagi seorang fans berat Persona hal-hal kecil itu tidak akan jadi masalah. Kabarnya Persona 4 Animation akan memiliki 24 episode, dan sudah 2 episode beredar. Mungkin ke depannya akan lebih bagus… atau lebih jelek? Kita lihat saja nanti.

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Oktober 16, 2011, in Anime, Indonesia and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: