First Glance: Mirai Nikki [Fall 2011]



Pertama kali aku melihat anime ini, aku pikir akan seperti cerita sekolahan dengan twist pada umumnya. Tapi, setelah menonton 3 episode, aku tahu kalau anime ini thriller yang sangat, sangat menegangkan. Apalagi cewek utamanya seorang yandere. Sayang, padahal dia lumayan cantik.

Mirai Nikki, atau Future Diary, diberikan dalam bentuk handphone kepada 12 orang terpilih oleh Deus Ex Machina, Dewa Waktu. Orang-orang terpilih ini tidak mengetahui satu sama lainnya. Mereka berpartisipasi dalam sebuah survival game, dimana pemenangnya akan mendapatkan kekuatan Dewa Waktu dan menggantikan Deus.


Tokoh utama adalah the First, Amano Yukiteru, orang pertama yang menerima Future Diary dari Deus. Yukiteru adalah seorang penyendiri dan setiap saat dia mencatat kejadian di sekitarnya di handphone-nya. Bosan dengan kesendiriannya, dia “menciptakan” Deus sebagai teman khayalannya. Yukiteru kemudian menerima Future Diary dari Deus dan memakainya sebagai “contekan kehidupan”, karena di Diary-nya tertulis semua kejadian yang akan terjadi di masa depan. Sayangnya, nasib Yukiteru sendiri tidak tertulis di Diary-nya, karena Diary-nya bertema “Bystander Diary” yang hanya mencatat kejadian-kejadian di sekitar Yukiteru.

Suatu sore di sekolah, Yukiteru menemukan bahwa Gasai Yuno, teman sekelasnya dan juga the Second, juga memiliki sebuah Diary dengan tema “Yukiteru Diary” yang artinya apapun yang terjadi pada Yukiteru akan tertulis di sana. Yuno sempat terlihat sebagai stalker karena selalu mencatat apa yang terjadi pada Yukiteru.

Celakanya, Yukiteru diincar nyawanya oleh the Third. Dengan dibantu Yuno, Yukiteru berhasil membunuh the Third, yang ternyata gurunya sendiri. Hal ini membuatnya menjadi favorit dalam survival game.

Nyawa Yukiteru terus diincar. Berikutnya oleh the Ninth, Uryuu Minene, seorang teroris dengan Diary bertema “Escape Diary” yang memuat jalur pelarian pada setiap aksinya. Dengan menanam bom di sekolah, Uryuu berhasil mendesak Yuno dan Yukiteru. Tapi, di saat terdesak, muncullah the Fourth, seorang detektif, dengan Diary bertema “Crime Diary” yang memuat kejadian kriminal sebelum terjadi. Yukiteru kemudian berhasil melukai Uryuu (meski agak sadis), tapi sayangnya, dengan “Escape Diary”, Uryuu berhasil kabur. Yukiteru, Yuno, dan the Fourth sepakat bekerja sama untuk mencegah korban lebih lanjut dalam survival game ini.

Di episode 3, sebuah kejadian yang sangat menegangkan terjadi. Saat Yukiteru membuka sebuah pintu di rumah Yuno, saat itu itu juga seluruh Diary yang ada mengalami perubahan. Bahkan Deus sendiri terkesima saat Yukiteru membuka pintu itu…

Anime ini mungkin terlalu susah diikuti, tapi unsur thriller-nya sangat bagus, membuatku ingin menontonnya terus. Untuk jalan cerita, benar-benar tidak bisa diprediksikan, itulah titik kuatnya anime ini, selalu membuat penontonnya penasaran. Untuk artwork dan character design, lumayan standar sebenarnya, sama seperti anime-anime pada umumnya. Musicnya juga biasa saja, tidak terlalu menonjol. Secara umum, anime ini hanya bagus di alur ceritanya yang tidak menentu dan menegangkan, tapi bukankah itu yang dicari? Jadi, Mirai Nikki ini salah satu anime wajib bagi penggemar thriller atau siapapun yang mencari ketegangan.

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Oktober 25, 2011, in Anime, Indonesia and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: