Catatan Akhir Tahun: Perjalanan PersonaLity


Tidak terasa sudah hampir 2 tahun blog PersonaLity ini berjalan. Setelah dipikir-pikir, lumayan lama juga ya. Blog ini sempat tidak terurus dari Feburari 2010 hingga Agustus 2010. Setelah itu, aku berpikir untuk memberikan kesempatan pada diriku lagi sekali dan hasilnya, pada bulan September 2010, PersonaLity mulai bangkit lagi dan berjalan hingga menjadi seperti sekarang.

Pada awalnya, aku memulai PersonaLity hanya karena ikut-ikutan temanku yang blogging. Mungkin karena ikut-ikutan itu, akhirnya aku jadi suka blogging. Saat-saat aku masih blogger amatir (mungkin sekarang juga masih), aku kagum pada blog-bog yang memiliki trafik tinggi dan PageRank tinggi. Aku berpikir, kapan aku bisa seperti itu. Jadi, aku mati-matian mencari-cari cara agar bisa dapat rating tinggi. Usahaku hanya membuatku menabrak tembok. Gara-gara itu, aku jadi malas blogging lagi. Tapi, entah karena apa, aku iseng menulis kembali dan akhirnya PersonaLity kembali bangkit. Aku jadi rutin menulis dan inilah jadinya, PersonaLity yang sedang anda baca.

Kalo anda perhatikan, kebanyakan post di PersonaLity membahas soal anime. Iya, itulah hobiku. Aku mungkin tidak se-otaku teman-temanku di asrama, tapi anime adalah hobiku, dan aku bangga karenanya. Aku bangga dengan passion-ku pada anime. Meski aku jarang (malah bisa dibilang tidak) ikut event-event cosplay yang sering diadakan di kota ataupun tidak memiliki banyak aksesoris anime, anime masih menjadi passion-ku. Alasan sebenarnya aku jarang ikut event cosplay dan membeli aksesoris hanya gara-gara aku tidak punya uang. Iya, hanya itu. Makanya kadang aku iri pada teman-temanku yang, dengan bangganya, memamerkan kostum-kostum dan aksesoris anime mereka sementara aku di kamar menonton anime size kecil hasil encoding (bukan bluray-rip atau high quality).

Oke, cukup soal curhatku. PersonaLity mungkin masih blog yang kecil dan tidak bermakna. Tapi, ini blogku, dan ini kebangganku. Sebenarnya, PersonaLity pernah menjadi Blog of the Day di WordPress Indonesia selama 1 hari. Semuanya berawal pada satu malam, 26 Maret 2011, saat aku iseng menulis tentang perbedaan antara orang Indonesia dan Amerika. Saat selesai, aku mematikan laptopku dan tidur. Besoknya, aku iseng-iseng membuka accountku dan mendapat sudah sekitar 200 orang mengunjungi PersonaLity dalam 1 hari. Aku terkejut dan berpikir, “What kind of sorcery is this?” Ternyata, tulisanku dimuat orang di lintasberita.com, dan akhirnya menaikkan trafik ke PersonaLity. Angka itu terus bertambah, hingga akhirnya berhenti di 496. Yah, lumayan kan buat sebuah artikel. Melihat angka itu, aku berpikir untuk menulis sequelnya, dengan harapan agar trafik naik lebih banyak lagi. Ternyata aku hanya kebetulan beruntung. Tapi di sisi positifnya, trafik rata-rata harianku naik menjadi sekitar 50-60 hits per hari, jauh meningkat daripada sebelumnya. Impianku mendapatkan PageRank terkabul juga saat belakangan aku sadar bahwa Google mulai mengenali PersonaLity. Aku mendapatkan PageRank 1 setelah hampir 2 tahun. Mungkin ini tidak berarti apa-apa, tapi bagiku, ini sebuah motivasi dan kebanggaan sendiri.

Ada alasan mengapa aku tidak teratur memposting di PersonaLity. Pertama, karena inspirasi itu lama datangnya. Kedua, aku tidak punya banyak waktu senggang. Ketiga, yang paling penting, adalah karena aku tidak suka memposting sesuatu yang tidak bagus. Maksudku yang tidak bagus itu seperti tips dan trik yang aneh-aneh seperti tips mendapatkan cewek, trik memodifikasi motor, tips menemukan cinta sejati, dll. Mungkin bagi orang lain bagus, tapi menurutku, itu hanya informasi yang tidak terlalu berguna. Kalau aku ingin memposting artikel tentang sains, aku pasti mencari referensi dan melakukan studi pustaka sendiri sebelum menulisnya. Kalau aku ingin berbagi tips fotografi, aku pasti melakukannya sendiri dulu sebelum berbagi ke orang lain. Kalau aku menulis tentang anime, aku pasti menontonnya dulu dan memastikan apakah bagus atau tidak, baru aku berbagi. Kebanyakan blog hanya dipenuhi posting tentang tips dan trik yang diambil dari website lain, lalu mencantumkan sumber di bawahnya. Aku tidak menyalahkan mereka, aku hanya menjelaskan kenyataan. Aku ingin kemampuan menulisku berkembang, dan aku ingin pembacaku mendapatkan informasi yang sebisa mungkin benar. Aku juga ingin mengemukakan pendapatku, bukan hanya sekedar copas berita dari website koran. Semuanya itu aku lakukan karena aku percaya, kalo aku memberikan yang terbaik, pasti dibalas dengan yang terbaik juga.

PersonaLity sendiri sering berganti tampilan, tapi untuk sementara, aku cocok dengan tema ini. Ide untuk bikin header itu juga muncul karena aku ingin memberikan ciri khas pada blogku. Aku tidak terlalu paham CSS (dan sialnya, WordPress juga mengharuskanku membayar agar bisa mengotak-atik CSS) makanya aku hanya bergantung pada tema gratis yang diberikan padaku oleh WordPress.

Itulah sekilas tentang perjalanan PersonaLity dari awal hingga sekarang. PersonaLity bisa tetap ada karena dukungan pembaca dan tentunya, diriku sendiri. Terima kasih sudah membaca dan mengunjungi PersonaLity. Merry Christmas and have a jolly good New Year!

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Desember 21, 2011, in Indonesia, Tulisan Kecil and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

