First Glance: Senki Zesshou Symphogear [Winter 2011]


Listen to my song…
Boku no koe wa kikoete imasuka? (Can you hear my voice?)
Please tell me…
Kotae no nai kokou no sora mezashi (Aiming for the fabricated sky that has no answer)
Fly far away…

Itulah penggalan lagu OP yang berjudul “Synchrogazer”. Lagunya dinyanyikan oleh Nana Mizuki dengan nada tinggi, diiringi dengan electric beat. Itulah OP musical action anime, Senki Zesshou Symphogear. Sesuai genrenya, anime ini penuh dengan lagu-lagu insert keluaran Elements Garden yang bagus-bagus. Selain musical action, sepertinya industri anime belakangan terlalu banyak menampilkan moe, karena dalam anime ini, pemeran utamanya adalah cewek lagi. Anime ini mirip dengan game Cosmic Break, dan anime Mahou Shoujo Nanoha, karena menampilkan cewek memakai eksoskeleton mecha dan membawa senjata-senjata berat.

Secara singkat, ceritanya seperti ini (sampai episode 2):

Duo Zwei Wing. Kanade di kiri, Tsubasa di kanan


Dunia berhadapan dengan musuh bernama Noise, yang terlihat seperti monster jelly. Sekalinya manusia biasa bersentuhan dengan Noise, maka manusia itu akan hancur jadi debu. Yang bisa melawan Noise hanyalah para Valkyrie yang memakai Symphogear. Kanade dan Tsubasa adalah anggota Zwei Wing, yang bertugas menghancurkan Nosie. Mereka juga penyanyi terkenal. Suatu konser, mereka diserang Noise. Kanade menghancurkan dirinya, dan Tsubasa kehilangan partnernya…

Hibiki Tachibana saat terkena pecahan Symphogear


Hibiki Tachibana. Si tokoh utama dari cerita ini digambarkan sebagai seorang cewek SMA yang polos, enerjik, dan santai. Suaranya juga sangat imut dan menggoda. Tachibana adalah siswa SMA Ridian, sebuah sekolah swasta khusus untuk mempelajari musik. Tachibana adalah salah satu dari yang selamat saat Noise menyerang konser Zwei Wing dua tahun yang lalu. Di dada kirinya, terdapat sebuah luka. Luka itu didapatnya saat menyaksikan Kanade menghancurkan dirinya, dengan kata lain, pecahan Symphogear Kanade.

Tsubasa Kazanari. Si tsundere berambut biru yang merupakan salah satu idola di Ridian. Tsubasa adalah partner Kanade, tapi semenjak kejadian dua tahun lalu di konser mereka, Tsubasa bertarung sendirian. Kehilangan Kanade sangat mempengaruhi dirinya.

Tachibana saat berubah menjadi Gungnir untuk pertama kalinya


Suatu hari, Tachibana sedang membeli CD terbaru Tsubasa. Tapi, Noise menyerang. Tachibana mencoba kabur bersama seorang anak kecil yang ia selamatkan. Namun, Tachibana terpojok oleh Noise. Di saat tak terduga, lagu dalam dirinya keluar dan membangkitkan pecahan Symphogear dalam dirinya. Tachibana berubah (mahou shoujo time!) menjadi Gungnir, Symphogear milik Kanade. Tsubasa muncul dan membereskan Noise di saat terakhir. Tachibana kemudian dibawa oleh militer untuk diterima sebagai anggota baru divisi kedua Mobile Disaster Response Corps.

Inilah Noise, alien yang menyerang manusia

Tsubasa menodongkan pedangnya ke Tachibana. Apa artinya?


Rupanya Tsubasa tidak tahan melihat Tachibana memakai Symphogear milik partnernya. Kemudian, sesuatu terjadi…

Mengapa anime ini sangat bagus? Pertama adalah musiknya. Karena ini anime bertemakan musical action, maka sudah seharusnya lagu-lagunya bagus. Setiap kali para Valkyries bertarung, mereka selalu menyanyi. Bahkan saat mengeluarkan jurus-jurus mereka, mulut mereka tetap bergerak mengikuti lagu mereka masing-masing. Keren juga kan, menyanyi sambil menebas kanan kiri? Bahkan, saat mereka berubah/henshin, mereka selalu menyanyikan lagu untuk membangkitkan Symphogear mereka. Semua lagu-lagu sepertinya dibawakan oleh seiyuu-nya masing-masing, jadi saat anime ini tamat, harapkan sebuah album OST yang tebal dan character CD yang banyak. Musik adalah unsur yang membuat anime ini sangat, sangat bagus.

Anime ini termasuk golongan sentai, mirip dengan Nanoha atau Ryuusei no Rockman. Jadi, harapkan battle-battle yang penuh ledakan, segerombolan musuh yang menunggu diserang, dan jurus-jurus dahsyat. Oh ya, saat Valkyries mengeluarkan jurus, nama jurus itu ditampilkan sesaat, seperti gambar di bawah.

Wight Slayer, jurus Tsubasa yang menebas musuh sambil berputar seperti gasing

Stardust Foton, jurus Kanade yang menghujani musuh dengan tombak cahaya yang banyak dari langit.

Untuk artwork, design Symphogear-nya sendiri menurutku biasa-biasa saja. Tidak bisa dibandingkan dengan Mobile Suit Gundam, tapi masih setara dengan Infinite Stratos. Sejauh ini, senjata yang sudah aku lihat hanya tombak Gungnir dan pedang zweihander milik Tsubasa.

Plotnya di awal mengikuti pola “Selamat tinggal teman, aku akan meledakkan diri demi kebaikan bersama. TIDAK!! Partnerku mati, jadi aku harus bertarung sendiri. Lalu tiba-tiba muncul seseorang yang benar-benar baru yang mencoba jadi partnerku. Aku tidak terima dia memakai peralatan yang sama dengan partnerku! Dia bukan partnerku!” Kira-kira seperti itu. Memang tidak terlalu baru, tapi sudah lama tidak ada anime yang membunuh karakternya di episode 1.

Itulah First Glance dari Senki Zesshou Symphogear. Anime musical action yang penuh dengan cewek. Semoga saja tidak terjadi shoujo –ai (girls love) dan hubungan mereka berjalan seperti normal…

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Januari 15, 2012, in Anime, Indonesia and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: