First Glance: Brave 10 [Winter 2011]



Di tengah maraknya anime-anime shoujo dan moe belakangan, ternyata masih ada satu shounen anime yang muncul. Brave 10 adalah sebuah anime historical fiction yang berlatar periode Sengoku di Jepang. Bagi yang sering bermain Samurai Warriors atau mempelajari sejarah Jepang, pastinya merasa familiar dengan istilah ini dan beberapa nama tokoh-tokoh dalam anime ini.

Brave 10 adalah sekelompok ninja legendaris yang membantu tuan tanah Sanada Yukimura saat periode Sengoku hampir berakhir. Untuk nama-nama lengkapnya, klik di sini.

Ceritanya berawal dengan terbakarnya kuil Izumo, dan Isanami, seorang miko atau gadis kuil, kabur dari Izumo. Ia bertemu dengan Saizou, seorang ninja tanpa tuan dan memutuskan untuk ikut bersamanya. Isanami mendapat perintah dari biksu kepala agar menemui Sanada Yukimura untuk dimintai pertolongan.

Izumo no Isanami, si "princess"

Kirigakure Saizou

Sanada Yukimura dan Unno Rokurou

Namun, Sanada Yukimura tidak menyanggupi permintaan Isanami secara langsung. Kesal, Isanami dan Saizou pergi. Saat di hutan, mereka berdua diserang oleh kawanan ninja di bawah komando Tokugawa Ieyasu. Di saat-saat genting, kekuatan Kushi-Mitama yang terdapat di ikat rambut Isanami beraksi.

Setelah itu, Isanami selalu menjadi target para musuh yang ditemui Saizou dalam perjalanannya. Apa rahasia Kushi-Mitama sehingga diincar oleh banyak orang?

Kekuatan Kushi-Mitama

Sebenarnya anime ini cukup konvensional. Kamu memiliki seorang princess yang memiliki potensi dahsyat tapi tidak punya kekuatan tarung, dan seorang laki-laki berbadan tegap dengan sebuah pedang yang selalu melindungi si princess. Agak klise, tapi berhubung anime-anime seperti ini jarang kelihatan, Brave 10 menjadi angin segar.
Kualitas design Brave 10, seperti biasa, cukup standar. Mungkin hanya sedikit di atas Bleach. Aku tidak terlalu memperhatikan musik dalam anime ini, karena kebanyakan musik tradisional campur modern.

Hanzou Hattori vs Saizou

Sampai saat ini (episode 4), cerita Brave 10 berjalan sesuai perkiraan. Belum ada plot twist yang sangat menegangkan. Semuanya seolah berjalan sesuai protokol standar anime konvensional. Tapi, apa yang kalian harapkan dari sebuah anime historical fiction?

Untuk karakter, Saizou digambarkan sebagai si warrior yang awalnya kuat, namun lama-lama lemah. Ada satu hal yang mengesalkan yaitu, karakter Isanami yang terlalu lemah. Dari awal episode 2 hingga episode 4, peran Isanami hanya satu: diculik. Mungkin itu karena ia belum menyadari kekuatan dalam dirinya. Ketergantungan Isanami pada Saizou juga terlalu tinggi. Bisa saja Isanami menjadi seperti Ran Mouri dalam Detective Conan, hanya berharap pada cowoknya.

Awalnya aku punya harapan bagus soal anime ini karena aku sudah lama tidak menonton anime shounen (Bleach, Naruto, One Piece menjadi terlalu membosankan dan overrated), tapi kalau ceritanya seperti ini terus, satu-satunya tempat buat anime ini hanya di Recycle Bin.

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Januari 31, 2012, in Anime, Indonesia and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: