Sunday Hotspot: Rafting di Sungai Cicatih


Rafting (aku yang baju hijau)

Sudah lama aku tidak menulis di bagian Sunday Hotspot lagi, dikarenakan aku sama sekali tidak tahu harus pergi ke mana. Sejauh ini, aku masih belum terlalu berani pergi jauh-jauh dari asrama tanpa teman seperjalanan. Namun, akhirnya aku bisa pergi rafting bersama anggota DiverVenture, kelompok Mapala di President University. Meski harus merogoh kocek 350 ribu, pengalaman rafting ini sepadan dengan uang yang aku keluarkan.

Sebenarnya aku rafting pada hari Sabtu, 11 Februari 2012, tapi lebih baik aku masukkan saja ke rubrik Sunday Hotspot karena cocok dimasukkan ke sana.

Pagi hari, jam 5, aku terbangun dan langsung bersiap-siap. Setelah mengecek perlengkapan dan sarapan, jam 7, aku datang ke meeting point untuk briefing dari panitia. Bus sudah ada dan siap berangkat. Sayangnya, karena kita semua orang Indonesia, waktu berangkatnya molor lagi 1 jam. Dasar jam karet!

Meski telat berangkat, akhirnya pada jam 8, kami berangkat dari asrama menuju Riam Jeram di Cicatih, Sukabumi. Perjalanan kami dihadang macet di sekitar Ciawi. Saat kami sampai di Riam Jeram, waktu sudah menunjukkan jam 12.30. Apa benar perjalananku selama itu?! Aku sendiri tidak percaya lokasinya sejauh itu.

Panitia mengurus administrasi bersama petugas yang ada di meeting point Riam Jeram. Sambil menunggu, beberapa dari kami pergi ke masjid untuk sholat. Aku sendiri menyempatkan waktu untuk mengobrol dengan pegawainya. Aku bertanya mengenai sungai yang kami arungi sebentar lagi. Menurutnya (saat itu), debit air sungai sedang normal, jadi tingkat kesulitannya mencapai level 4. Level 4?! Itu sudah termasuk sangat sulit untuk ukuran rafting komersial.

Setelah sholat dan mengurus administrasi, akhirnya kami naik angkot yang sudah disediakan oleh Riam Jeram dan berangkat ke sungai. Ternyata, jarak dari meeting point hingga sungai cukup jauh dan melalui jalan-jalan rusak yang tidak diaspal.

DiverVenture Fun Rafting

Sesampainya di sungai, kami mengikuti briefing dulu tentang aturan main rafting. Karena aku sudah sering ikut rafting, aku tidak terlalu memperhatikannya. Setelah briefing, kami berfoto dulu. Urusan foto-foto sudah selesai, jadi kami turun ke perahu masing-masing dan memulai perjalanan mengarungi sungai Cicatih.

Perjalanan kami melewati 12 km dan 20 jeram yang masing-masing memiliki namanya tersendiri seperti Jeram Roller Coaster (jeram ke-13). Dari jeram ke-1 hingga ke-10, masih terasa mudah karena disebut sebagai jeram pemanasan. Nah, setelah jeram ke-10 ada tempat istirahat dan kami diberikan gorengan dan kelapa muda. Dari jeram ke-11 hingga jeram ke-20, sudah mulai terasa sulit. Aku lupa pada jeram keberapa, tapi aku sempat terlempar dari perahu. Untung ada team rescue yang menolong. Di jeram-jeram berikutnya, aku pastikan diriku memegang tali supaya tidak terlempar. Di jeram terakhir, ada 2 perahu yang terbalik, salah satunya karena menabrak batu besar.

Setelah selesai, kami segera mandi dan membersihkan diri. Satu peringatan, jangan lupa bawa handuk! Karena host tidak akan menyediakan handuk, tidak seperti di Bali. Setelah bersih, kami diberikan makanan. Nasi, oncom, ayam goreng, dan sayur asem. Setelah perut kami terisi, kami sempatkan diri berfoto-foto lagi sebelum memulai perjalanan pulang. Kami sampai di asrama pada jam 11 malam.

Nah, itulah pengalamanku rafting di sungai Cicatih, Sukabumi. Meski perjalanan pulang-pergi memakan waktu sangat lama, rafting-nya sangat memuaskan. Sayangnya, setelah rafting, esoknya aku terserang pilek dan radang tenggorokan…

Untuk mengetahui tentang Riam Jeram, klik di sini untuk menuju website resminya.

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Februari 14, 2012, in Indonesia, Travel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

