First Glance: Haiyore! Nyaruko-san [Spring 2012]


Awalnya aku berpikir untuk tidak mengikuti anime ini, tapi aku memutuskan untuk mencoba menonton episode 1 dulu. Aku membuat keputusan yang benar. Kalau saja aku tidak menonton episode 1 dari Haiyore! Nyaruko-san, mungkin aku bisa kehilangan kesempatan berkenalan dengan Nyaruko.

Haiyore! Nyaruko-san adalah anime bertemakan alien yang mendatangi Bumi. Terdengar sangat klise kan? Tapi yang membuatnya unik adalah: Haiyore! Nyaruko-san sangat santai dan penuh dengan komedi dan parodi.
Oke, sebenarnya aku sama sekali tidak familiar dengan tema Haiyore! Nyaruko-san, karena aku sama sekali tidak pernah membaca Cthulhu Mythos karangan H.P Lovecraft. Haiyore! Nyaruko-san mengambil banyak sekali rujukan dari dunia fiksi ini.

Sekarang ke cerita. Nyaruko adalah makhluk planet Nyarlathotep dan anggota Planetary Defense Organization yang mendapat tugas untuk melindungi Yasaka Mahiro dari serangan monster-monster yang mengincarnya. Apa yang menjadi motif penyerangan para monster ini masih belum diketahui. Yang jelas, Nyaruko berhasil menyelamatkan Mahiro yang terpojok. Setelah itu, Nyaruko menjadi bodyguard Mahiro dan mengikutinya ke mana-mana, termasuk ke sekolah dan kamar mandi. Melihat banyaknya darah yang ada di episode 1, membuatku semakin ingin mengikuti anime ini.

Selain urusan yang serius itu, ternyata anime ini punya sisi ringannya juga. Nyaruko jatuh cinta pada pandangan pertama, ia suka melucu, dan urusan sampingannya adalah membeli game dan komik karena “hiburan di Bumi adalah yang terbaik di alam semesta, karena itulah dewa Cthulhu ingin datang ke Bumi”.

Mungkin yang benar-benar menarikku adalah Nyaruko sendiri. Sifatnya yang terlalu riang dan santai benar-benar mengaburkan persepsi manusia soal alien dan dewa Cthulhu yang seram. Nyaruko juga tidak malu-malu mengungkapkan cintanya pada Mahiro sejak episode 1, sesuatu yang sangat jarang kita lihat dari romance comedy macam ini.

Jadi, Haiyore! Nyaruko-san sangat menarik buat diikuti, apalagi bagi yang menginginkan sebuah anime ringan untuk diikuti. Bagi yang sudah pernah membaca Cthulhu Mythos karangan H.P Lovecraft, mungkin itu bisa jadi motivasi untuk menonton anime ini, karena dewa-dewa Cthulhu digambarkan sangat berbeda dengan versi aslinya.

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on April 19, 2012, in Anime, Indonesia and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. “Let’s become the Adam and Eve.”
    Lolo. Jalan ceritanya gak gitu menarik tapi saya suka Nyaruko. Selingan yg oke dari cewek type tsundere yg annyoing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: