POPCON Asia 2012: Kau Illustrator? Ikutlah!


Seperti yang sudah aku janjikan, aku akan memberikan laporan mengenai 3 event yang berhubungan dengan Jepang di Indonesia. Pertama adalah POPCON ASIA, yang aku datangi tepat sebelum UAS dimulai. Wah, bukannya belajar malah main-main ya…

Seperti namanya, POPCON ASIA atau Pop Convention Asia yang digelar dari tanggal 27 Juni – 1 Juli di Jakarta Convention Center Senayan ini khusus mengekspos Pop Culture. Spesifiknya, illustrasi, art, superhero dan lainnya yang berkaitan. Kalau anda berniat mencari merchandise anime dan sejenisnya, yang akan anda temui di sini hanya figma dan action figure superhero. Dakkimakura dan oppai-pad? Nggak ada! Karena itulah aku sedikit kecewa saat datang ke POPCON ini.

Aku datang ke POPCON pada tanggal 30 Juni 2012, karena pada tanggal itu, ada acara cosplay. Sayangnya, kostumku sendiri belum selesai, jadi, aku meminjam kostum FFF milik temanku, lengkap dengan scythe. Tentunya dengan meminjam itu, aku secara tidak langsung terdaftar sebagai anggota FFF…

Saat pertama masuk, aku kena tiket masuk seharga Rp 10.000. Yah, cukup murah untuk acara seperti ini. Sialnya, saat itu aku datang kepagian, karenanya venue acara masih sangat sepi. Bahkan cosplayer pun tidak ada yang terlihat. Padahal aku sudah cepat-cepat ganti kostum…

Tepat saat aku keluar kamar mandi (aku tidak tahu di mana ruang ganti saat itu), belum 5 menit aku memakai jubah FFF itu, aku sudah dihampiri oleh 3 orang untuk foto bersama. Sebagai cosplayer newbie yang sama sekali belum punya jam terbang, aku bingung harus berpose seperti apa.

Baru selesai ganti baju

Nah, selama berjalan-jalan dengan teman-temanku sambil memakai kostum ini, aku merasakan semua orang melihatku. Mungkin karena kostum ini memang seram, apalagi aku membawa scythe yang hampir setinggi badanku. Tapi, aku tidak peduli dengan semuanya. Tujuanku ke sini hanya untuk having fun dan mencari merchandise (yang sayangnya tidak aku dapatkan).

Siapa yang harus mati berikutnya yaa…

Terjadi sesuatu yang lucu, ketika aku berjalan-jalan kemudian aku tiba-tiba mendengar suara tangisan histeris anak kecil yang baru keluar dari kamar mandi dan melihat kostumku. Sampai sekarang, aku berdoa semoga masa kecilnya tidak rusak dan dia bisa tidur dengan tenang di malam hari…

Sejauh mata memandang, hanya terdapat stand-stand yang menjual action figure dan figma serta toys lainnya. Selain itu, lebih banyak terdapat booth promosi, booth illustrator dan sekolah-sekolah desain grafis. Buatku yang memiliki minat yang sangat minim terhadap seni desain grafis, semua ini tidak ada artinya.

Namun, di sisi lain, kostum ini benar-benar menarik perhatian banyak orang. Aku diseret ikut promosi bank dan sampai diwawancara. Dan saat hari mulai siang, para cosplayer baru berdatangan. Karakter-karakter Vocaloid, Naruto dan beberapa original character mulai bermunculan. Terutama maid di foto ini, cukup imut kan?

Cosplay soldier

Karena sudah berjam-jam berkeliling tanpa hasil, kami memutuskan untuk pergi dari area POPCON menuju Ennichisai 2012 yang diadakan di Blok M.

Saranku, kalau anda bukan penggemar berat superheroes seperti the Avengers atau tidak tertarik sama sekali dengan desain grafis dan art, lebih baik jangan membuang waktu datang ke sini. POPCON khusus untuk para illustrator berbakat yang perlu tempat promosi.

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Juli 17, 2012, in Anime, Indonesia and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

