Gelar Jepang UI 2012


Gelar Jepang Universitas Indonesia, atau disingkat GJUI, adalah event tahunan yang diadakan oleh mahasiswa UI untuk menampung minat Jejepangan khalayak ramai. Acarany berlangsung selama 3 hari, dari 13 – 15 Juli. Karena faktor waktu dan jarak, aku hanya bisa datang pada hari terakhir, yaitu tanggal 15 Juli. Aku tetap senang bisa datang, meskipun di saat-saat terakhir.

Perjalanan dari asrama memerlukan waktu sekitar 2 jam, dan karena ketiadaan mobil pribadi, kami bertiga harus naik angkutan umum. Bayangkan betapa tersiksanya naik angkot dan kereta sambil membawa scythe yang sangat mencolok…
Akhirnya, kami sampai di gerbang GJUI dan disambut oleh Danbo di pintu masuk. Kami sampai sekitar jam 11 siang, dan suasana masih agak sepi, jadi kami manfaatkan kesepian ini untuk berkeliling dan melihat-lihat stand sebelum pengunjung makin bertambah.

Layout GJUI sendiri tidak terlalu berbeda dengan Ennichisai. Stand-stand di bawah tenda putih berjejer dan tentunya terdapat area masing-masing, mulai dari merchandise, makanan, games, hingga main stage yang membentang sepanjang Boulevard UI.

Bicara soal merchandise, seperti biasa, jangan berharap akan menemukan dakkimakura atau sejenisnya di sini. Yang ada hanyalah gantungan kunci, beberapa figma, kostum dan baju, seperti itu. Oh ya, ada stand-stand yang menjual doujin dan arts original. Tapi, yang paling menarik adalah stand-stand makanan. Ada beberapa stand yang tidak bisa ditemui di Ennichisai, seperti stand yang menjual lemonade segar seharga 13 ribu per cup. Meski agak mahal, tapi segarnya lemonade itu membuatku ingin membeli terus.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Mendekati siang hari, sekitar jam 2, area GJUI mulai sesak, terutama area makanan. Mulai jam segini, para cosplayer street mulai beraksi. Aku sendiri? Siapa lagi kalau bukan FFF! Jumlah cosplayernya? Terlalu banyak! Tapi, kalau secara pribadi, Best Cosplayer Award jatuh pada Kaichou Misaki (Kaichou wa Maid-sama!). Lihat? Hot, cute, dan ekspresif. Apalagi pas dicekik dengan rantai… terlihat sangat… masokis?

Anyway, kami tidak bisa berlama-lama di GJUI, meski malamnya ada Hanabi, karena kami takut ketinggalan bus kembali ke asrama. Yah, meski tidak bisa ikut acaranya dari awal sampai akhir, pengalaman tetap pengalaman.

Untuk selanjutnya, doakan aku bisa datang ke Anime Festival Asia yang diadakan September nanti yah! Laporan berikutnya adalah AFA Indonesia!

About darksiderzukasa

I am a drifter. I do not belong to anyone. I am a free spirit. My words are not tied to any rules.

Posted on Juli 22, 2012, in Anime, Budaya, Indonesia and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: